Minggu, 03 Maret 2013

Sejarah Po.Nusantara





Unknown | 20.09 | 2 Comments









PO Nusantara didirikan oleh Bapak Yonatan Budianto di kudus pada tahun 1968, yang diawali dengan pengoperasian 2 bus merk GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965, yang merupakan bus ex TNI-AL.
Pada tahun 1969 ditambah 5 bus merk ZIEL buatan tahun 1962, yang merupakan bus ex TNI – AU, dan 1970 mulai dirakit bus dengan bodi dari kayu dengan basis rangka bermerk THAMES dari Inggris.
Tahun 1975 merupakan tahun diperkenalkannya besi baja untuk bodi bus di Indonesia, sehingga perusahaan mendatangkan bus dengan merk FORD dari Amerika, dengan karoseri bodi besi baja. Ketika perkembangan dunia otomotif mulai menunjukkan geliatnya di Indonesia, PO.NUSANTARA memperkenalkan kepada konsumennya bus Mercedes Benz dengan mesin depan pada Tahun 1977 (OF Series), dimana seri ini terus dipergunakan hingga tahun 1984, yang kemudian beralih menggunakan Mercedes Benz dengan mesin belakang (OH Series).
Selama kurun waktu tersebut, PO.NUSANTARA berkonsentrasi untuk menangani jalur pendek di Jawa Tengah, Semarang – Kudus – Lasem, hingga pada era tahun 1990 – an, perusahaan mulai mengembangkan operasinya untuk memulai melayani konsumen pada jalur jalur yang lebih jauh dengan memberikan pelayanan yang terbaik.
Seiring perkembangan mobilitas penduduk dan juga perkembangan perusahaan, PO.NUSANTARA kini melayani kota – kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Tegal, Cirebon, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan kota kota lainnya di Pulau Jawa.
Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, PO. NUSANTARA memperkuat jajaran armadanya dengan mendatangkan unit-unit chassis yang diimport langsung dari Eropa, seperti VOLVO dan SCANIA. Sedangkan sebagian besar karoserinya menggunakan karoseri AdiPutro yang sudah terkenal dalam kualitasnya.

PO.NUSANTARA adalah salah satu perusahaan transportasi di Indonesia yang sudah banyak mengoperasikan bus dengan merk SCANIA, sehingga mendapatkan pengakuan khusus dari perusahaan tersebut di Swedia.
Disamping SCANIA kami juga menggunakan merk Mercedes Benz, Hino, dan Volvo untuk melayani pelanggan kami. PO.NUSANTARA juga menerapkan tekhnologi yang canggih untuk menunjang kenyamanan dan keamanan para pelanggannya, seperti pemanfaatan tekhnologi Radio Komunikasi Dua Arah (Two Way Radio Transmission) dan Global Positioning System (GPS) untuk memberikan informasi yang akurat tentang posisi armada yang sedang beroperasi. Kami juga menggunakan ban tubless merk Bridgestone dan Michelin yang mana membuat rasa aman dan nyaman dalam perjalanan.
Sebagai kepedulian kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan rasa aman bagi para pelanggan kami, kami juga mengasuransikan para pelanggan yang menggunakan jasa kami dan juga armada–armada kami kepada perusahaan penyedia jasa layanan asuransi baik nasional maupun internasional.
Disamping terpercaya untuk pelayanan penumpang pada jalur reguler. PO.NUSANTARA juga dipercaya oleh masyarakat yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan untuk mengadakan perjalanan wisata.
Kini dengan armada - armada yang dimiliki dan didukung oleh sumber daya manusia yang berkompeten dan teknologi canggih yang dimiliki, PO.NUSANTARA terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pengguna transportasi di Indonesia.

PENDUKUNG OPERASIONAL PERUSAHAAN
1. Armada – Armada
Saat ini kami telah dan sedang melengkapi jajaran armada–armada kami dengan beberapa armada kelas dunia, diantaranya Mercedes Benz dengan berbagai macam seri dan juga OH1525 Series (sebuah penciptaan terbaru dari Mercedes Benz, dengan teknologi terbaru yang hadir dari merk yang telah mendunia), SCANIA K 124 I B / 360 HP (tenaga mesin yang dimilikinya dan didukung dengan kenyamanan suspensinya yang baik, membuat unit yang kami impor dari Swedia ini sangat sesuai untuk perjalanan jauh anda), HINO RG 1 JSKA (pengalamannya sebagai salah satu pabrikan otomotif besar, dan telah terkenal akan ketangguhan mesinnya, menjadikan kami memilihnya untuk memperkuat jajaran armada kami), dan VOLVO B7R dan B12M (dengan posisi mesin yang berada di tengah, dimana kami menjadi satu–satunya perusahaan di Indonesia yang memilikinya, membuat kami berencana untuk menjadikannya sebagai mobile home yang nyaman dan aman). Semua armada–armada kami hanya kami percayakan kepada industri perakitan kendaraan bermotor atau karoseri yang telah benar–benar mendapat pengakuan dari dunia transportasi di Indonesia dan dengan menggunakan perlengkapan–perlengkapan yang benar–benar memiliki kualitas yang unggul di kelasnya.
2. Pelayanan
Kami berikan pilihan kepada anda untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan armada–armada kami.
Armada–armada kami hadir dengan pilihan konfigurasi tempat duduk mulai 21 penumpang hingga 59 penumpang, kesemuanya hadir dengan kenyamanan tersendiri yang kami desain khusus untuk perjalanan anda.
Disamping itu, kami juga melengkapi armada kami dengan pendingin udara, yang akan membuat anda merasa nyaman selama dalam perjalanan.
Tak lupa untuk perjalanan jauh anda, kami lengkapi armada kami dengan system audio visual, bantal, selimut, dan kamar kecil, untuk membuat perjalanan anda kian nyaman. Sebagai bagian dari komitmen kami yang tulus untuk anda, kami persembahkan itu semua, hanya bagi anda, masyarakat pengguna transportasi darat yang mendambakan keamanan dan kenyamanan dalam berpergian.
3. Perawatan
Dengan pengalaman operasional yang hampir mencapai 40 tahun, kami terus tanpa henti melengkapi sumber daya manusia kami yang bertanggung jawab terhadap perawatan semua armada yang ada, guna mendukung kelancaran perjalanan para pelanggan kami.
Kami juga bekerjasama dengan pihak Agen Tunggal Pemegang Merk dan juga pabrikan yang ada, baik di dalam maupun luar negeri, untuk bertukar informasi dan teknologi, guna mendukung perawatan dan perbaikan armada–armada yang kami miliki.
Di samping itu, dengan luas lahan untuk perawatan dan pool yang lebih dari 20.000 meter persegi, yang dilengkapi dengan perawatan mesin, bodi, interior, dan jalur uji coba kendaraan, kian mendukung kami untuk mempersiapkan kelancaran jalannya operasional semua armada yang kami miliki. Semua armada kami telah memiliki jadwal perawatan masing-masing berdasarkan jarak tempuh ataupun usia pemakaian yang di standarisasi oleh ATPM atau Pabrikan Kendaraan seperti Mercedes Benz, Scania , Volvo dan Hino yang memiliki standar berbeda mengenai perawatan. Diharapkan dengan terjadwalnya perawatan berkala dapat memperkecil gangguan dan hambatan yang bisa timbul kapan saja dan dimana saja dalam perjalanan. Kami sadar sepenuhnya bahwa keselamatan penumpang kami adalah nomor satu dan di atas segala-galanya, oleh sebab itu kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah hal-hal yang dapat timbul karena kurangnya perawatan kendaraan-kendaraan kami.


PEMANFAATAN TEKNOLOGI
a. Tachograph
Beberapa armada kami telah dilengkapi dengan Tachograph, guna memantau kinerja pengemudi dan armada dalam kegiatan operasionalnya. Alat ini membantu kami untuk benar–benar memahami perilaku pengemudi dalam mengemudikan armadanya, apakah telah sesuai dengan yang kami harapkan.
b. Radio Komunikasi Dua Arah ( Two Way Radio System )
Sejak era tahun 80 an, kami sudah menggunakan Radio Komunikasi Dua Arah antar armada dan kantor operasional kami, untuk saling memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masing–masing pihak, dan juga untuk memudahkan dalam pemesanan tiket bagi para pelanggan kami.
c. Global Positioning System
Seiring perkembangan teknologi dunia, saat ini kami juga telah melengkapi armada kami dengan Global Positioning System (GPS) yang menggunakan sarana satelit, guna memantau posisi dari armada kami secara tepat kapanpun diinginkan. Peralatan GPS ini mendapat dukungan dari SoloSystem yang mana perusahaan mereka telah berpengalaman dalam pengadaan alat-alat GPS. Alat ini juga sangat membantu kami dalam mengetahui kecepatan dan posisi kendaraan yang tepat dan akurat bilamana dibutuhkan



By Unknown
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

2 komentar:

  1. Bus-bus PO Nusantara....gambar di bodynya terlalu rame..dominan hitam biru ,jadi kurang ngejreng
    sehingga tulisan "NUSANTARA" kurang nampak

    BalasHapus
  2. jalane dijalan raya supire do ngawur nek nyalip membahayakan pengemudi lain ..perlu diingatkan buat pak sopir hati hati orang lain juga butuh selamat ,bukan diri anda saja

    BalasHapus